cell2line
Mobil88
BCA Finance
Mitsui Leasing
ACC Finance
Mandiri Tunas Finance


/ Tips

Hindari 3 Hal Berikut Ini Jika Ingin Jok Tahan Lama!

Jok awet
Jok mobil merupakan salah satu bagian penting dari kendaraan yang bisa memberikan kesan nyaman dan juga bisa mempengaruhi penampilan dari sebuah mobil. Semahal apapun kualitas sebuah mobil, apabila jok mobil kurang dibersihkan, kotor dan tidak  terawat  maka penumpangnya akan merasa tidak nyaman. Jok yang tidak terawat akan menggambarkan bagaimana kepribadian pemilik mobil tersebut. Karena salah satu bagian penting dari interior mobil ini jarang mendapatkan perawatan.  

 

Siapa sih yang tidak ingin memiliki jok mobil atau motor yang tahan lama? Sepertinya semua orang menginginkannya. Berdasakan pada Eppi, pemilik Padi Leather Seat, jika dirawat dengan baik jok akan bertahan sampai 8 tahun. Namun sebaliknya, jika tidak dirawat dengan baik, jok akan mudah sekali rusak, terlihat lusuh dan bahkan sobek.
 
Seringkali solusi yang seringkali kerap digunakan oleh para pemilik mobil agar jok mobilnya tetap terjaga adalah melapisinya dengan seat cover atau pelapis jok yang terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti beludru, kulit asli maupun kulit imitasi.
 
Ada 3 perilaku pemilik kendaraan yang tanpa disadari membuat jok jadi cepat rusak, apa sajakah itu? Yuk simak seperti berikut ini.
 
Sering Terpapar Sinar Matahari
 
Hal yang tanpa disadari merusak kecantikan dan keawetan jok yang pertama adalah terlalu sering terpapar sinar matahari. Jika terus dibiarkan, lama kelamaan jok akan mudah rapuh dan rusak akibat sinar matahari yang terik. Apalagi, intensitas terpapar matahari secara langsung sampai berjam-jam, jok akan mudah sekali untuk rusak. Boleh menjemur kendaraan, namun jangan terlalu lama. Dan usahakan, untuk memilih tempat parkir yang teduh. 
 
Jauhkan Benda Tajam di Atas Jok
 
Jauhkan benda-benda tajam seperti halnya pisau, cutter, atapun gunting dari jok. Benda-benda tajam ini terkadang secara tidak sengaja menggores. Jika tergores mungkin masih bisa dimaklumi ya, namun jika sudah sampai sobek, mau tidak mau Anda harus membeli yang baru. Selain benda tajam, Anda juga perlu untuk menjauhkan spidol, pensil warna, crayon, ataupun juga benda-benda yang membuat jok menjadi kotor dan susah dibersihkan. 
 
Merokok di Dalam Mobil
 
Perilaku lainnya yang tanpa disadari bisa merusak keawetan dari jok ini adalah merokok di dalam mobil atau di atas motor. Terkadang, bara api yang berasal dari rokok jatuh dan hal ini bisa membuat jok menjadi bolong. Biasanya, lubang dari bekas terkena bara rokok ini semakin membesar karena gesekan saat diduduki.
 
Khusus untuk jok mobil yang berbahan kulit, sebaiknya menggunakan alat khusus yang sesuai. Hindari pembersihan dengan menggunakan sabun serta kanebo. Hal ini akan membuat warna kulit jok Anda pudar, dan rusak. Sebaiknya belilah pembersih khusus untuk membersihkan jok berbahan kulit. Dalam pemilihan dan perawatannya sendiri, jok berbahan dasar kulit memiliki perilaku khusus dan pemilihan yang teliti. Alih-alih ingin mendapatkan tampilan yang exclusive untuk mobil Anda, justru malah tertipu dengan bahan yang menyerupai kulit.
 
Nah, tidak mau bukan jok Anda jadi gampang sekali rusak? Maka dari itu, hindari melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Serta, lakukan perawatan secara rutin agar tampilan dan kinerja mobil jadi lebih maksimal.
 

Sumber : http://otomotif.news.viva.co.id

Syarief

081327979123

Email: syarief@toyota-semarang.com

Comments

Disclaimer Website ini bukan situs resmi dari PT. Toyota Astra Motor, maupun PT. New Ratna Motor. Website ini adalah Website pribadi
M. Syarif selaku wiraniaga Toyota, yang bertujuan sebagai media informasi, promosi, dan publikasi di internet.